BUAT WEBSITE SENDIRI!BELAJAR MEMBUAT WEBSITE SENDIRI! KLIK DI SINI

Tutorial Revit Bahasa Indonesia | Pengertian dan Sejarah Revit Autodesk

tutorial-revit-bahasa-indonesia

Tutorial Revit Bahasa Indonesia

Kali ini saya akan membahas tentang tutorial Revit bahasa Indonesia, pembahasan tutorial kali ini tidak  langsung mengarah tentang teknis dari penggunaan software-nya. Melainkan lebih dulu pengenalan mengenai Revit, bagaimana sejarahnya dan sebagainya.

Sebelum kita mulai ada baiknya kita memahami dulu software apa yang akan kita gunakan, tidak etis rasanya berusaha menguasai sesuatu tetapi tidak paham dengan apa yang kita ingin kuasai.

Pengertian Revit

Dari namanya mungkin teman-teman sudah bisa menebak siapa publisher dari software ini? yup..betul! Revit Autodesk merupakan salah satu program yang dimiliki publsiher terkenal Autodesk.

Revit adalah software yang digunakan untuk membuat Desain yang berbasis 3D dan mendukung program BIM (Building Information Modeling). Dengan Revit Autodesk kita dapat merancang bangungan seperti Struktur, Arsitektur hinggaa MEP secara terintegrasi.

Selain desain kita dapat menggunakannya untuk membuat gambar kerja 2D seperti yang kita buat dengan menggunakan Autocad yang juga produk unggulan Autodesk.

Kelebihan dan Kekurangan Revit Autodesk

Kelebihan Revit

  • Design Model 3D Structure
  • Design Model Aristektur
  • Design Instalasi MEP (Mekanikal, Eletrcikal, Plumbing)
  • Perhitungan Struktur (Analisa Kekuatan Bangungan)
  • Membuat hitungan Volume untuk kebutuhan BoQ
  • Schedule dan Metode

Kekurangan Revit

  • Terbatas dalam Kreasi Modeling

Dari beberapa point diatas kita bisa memahami beberapa kelebihan dan kekurangan dari software ini, khusus untuk kekurangan dari Revit adalah kekurangan kreasi modeling karena kita mesti mencari Family model untuk support design  Arsitek.

Nanti selengkap-nya di tutorial Revit bahasa Indonesia akan kita bahas mengenai apa itu family dan sebagainya, pembahasan tutorial akan dilakukan secara bertahap, dan teman-teman bisa tulis pertanyaan di kolom komentar jika memerlukan tutorial lain.

tutorial-revit-bahasa-indonesia
Logo Autodesk | Sumber: Google | Tutorial Revit Bahasa Indonesia

Sejarah Revit Autodesk

Sebelum software ini dikenal dengan Revit nama dari software ini adalah Reflex yang dipasarkan pada tahun 1975 dengan basis Platform Microsoft Windows. Dengan pendanaan dari pemodal ventura, Atlas Venture dan North Bridge Venture Partners, Raiz dan Jungreis mempekerjakan beberapa pengembang dan arsitek perangkat lunak mulai mengembangkan Revit dalam C++ pada platform Microsoft Windows.

Pada 1999 mereka merekrut Dave Lemont sebagai CEO dan merekrut anggota dewan Jon Hirschtick, pendiri SolidWorks, dan Arol Wolford, pendiri CMD Group. Kemudian Perusahaan ini berganti nama menjadi Revit Technology Corporation pada Januari 2000. Revit versi 1.0 dirilis pada 5 April 2000. Perangkat lunak ini berkembang pesat, dengan versi 2.0, 3.0, 3.1, 4.0, dan 4.1 dirilis pada Agustus 2000; Oktober 2000; Februari 2001; Juni 2001; November 2001; dan Januari 2002, masing-masing.

Autodesk, yang terkenal dengan jajaran produk AutoCAD-nya, membeli Revit Technology Corporation yang berbasis di Massachusetts dengan harga US $ 133 juta pada tahun 2002. Pembelian memungkinkan lebih banyak penelitian, pengembangan, dan peningkatan perangkat lunak. Autodesk telah merilis beberapa versi Revit sejak 2004.

Pada 2005 Revit Structure diperkenalkan, kemudian pada 2006 Revit MEP. Setelah rilis 2006 Revit Building berganti nama menjadi Revit Architecture. Sejak Revit 2013 berbagai disiplin ilmu telah diringkas menjadi satu produk, dan cukup disebut Revit.

tutorial-revit-bahasa-indonesia
Logo Revit | Sumber: Google | Tutorial Revit Bahasa Indonesia

Perkembangan Revit

Perkembangan Revit di Indonesia sendiri termasuk lambat, tetapi minat dari beberapa konsultan konstruksi dalam penggunaan software ini cukup tinggi. Meski terbilang lambat kini Revit sudah semakin populer di kalangan kosntruksi.

Beberapa negara maju seperti Jepang, Singapura atau Australia sudah mempopulerkan penggunan Revit dalam menunjang BIM di dalam dunia konstruksi. Sudah banyak perusahaan yang menggunakan software Revit untuk kebutuhan desain mereka.

Materi Tutorial Revit Bahasa Indonesia

Berikut Materi Tutorial yang akan kita bahas.

  • Tutorial Revit Structure Bahasa Indonesia
  • Tutorial Revit Architecture Bahasa Indonesia
  • Turotial Revit MEP Bahasa Indonesia
  • Tutorial Pembuatan Gambar Kerja
  • Tutorial Pembuatan Schedule Quantity
  • Tutorial Lanjutan

Catatan: Pastikan teman-teman terus mengunjungi situs ini agar mendapatkan update tutorialnya, bisa dalam 2 hari sekali atau seminggu 3 tutorial yang akan saya posting. Jadi terus kunjungi website ini ya. 🙂

Kesimpulan

Pembahasan tutorial Revit bahasa Indonesia kali ini, hanya tentang pengertian Revit atau pegenalan software-nya terlebih dahulu, kemudian beberapa materi tutorial  yang akan kita bahas di dalam postingan akan saya buat secara berkala. Jadi pastikan temen-temen terus kunjungi website ini agar mengetahui tutorial terbaru.

Tutorial yang saya buat adalah berdasarkan pengalaman saya sendiri, dan mungkin akan beberapa tutorial dari luar yang saya jadikan refrensi tutorial. Mari berlajar bersama agar Revit di Indonesia semakin berkembang dan semakin banyak yang menggunakannya.

Sekian dulu pembukaan tutorial Revit bahasa Indonesia yang pertama, semoga bermanfaat untuk kita semua jangan lupa share  artikel ini kepada teman-teman yang lain.:)

Baca Juga :

BUKA DAFTAR ISI TUTORIAL REVIT BAHASA INDONESIA


Jangan lupa untuk LIKE kita di FacebookFollow Twitter dan Instagram Jejak-ide.com ya gaiss..:)

DAPATKAN TIPS MENARIK LAINNYA DI SINI!

» Dapatkan Informasi yang belum kamu tahu.

» Update Tutorial-tutorial di situs ini.

» Dapatkan Tips & Trik mudah lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *