BUAT WEBSITE SENDIRI!BELAJAR MEMBUAT WEBSITE SENDIRI! KLIK DI SINI

Tutorial Revit 2019 Bahasa Indonesia | Revit 2019 Tutorial | Interface

tutorial-revit-2019-bahasa-indonesia
Tutorial Revit 2019 Bahasa Indonesia | Inteface

Tutorial Revit 2019 Bahasa Indonesia | Revit 2019 Tutorial | Interface

Halo teman-teman, dikesempatan kali ini saya akan melanjutkan tutorial Revit 2019 Bahasa Indonesia dimana sebelumnya kita sudah membahas tentang Pengertian dan sejarah Revit.

Untuk versi yang akan digunakan dalam tutorial kali ini adalah Revit 2019, jika teman-teman sudah instal  versi sebelumnya juga tidak masalah, karena tampilannya tidak jauh berbeda.

Materi Tutorial Revit 2019 Bahasa Indonesia yang  dibahas pada artikel ini adalah Interface / Pengenalan fungsi tools, tabs dan command / perintah pada Revit. Maka dari itu silahkan siapkan software-nya terblebih dahulu.

Tutorial Revit 2019 Bahasa Indonesia | Interface

Interface / Pengenalan

tutorial-revit-2019-bahasa-indonesia
Tutorial Revit 2019 Bahasa Indonesia | Inteface

Berikut ini adalah tampilan workspace dari software Revit 2019.

Keterangan

1. Akses Toolbar

Bagian Akses Tools ini terdiri dari beberapa icon tools seperti Save, Print, Icon 3D View dan sebagainya seperti yang bisa teman-teman lihat pada gambar diatas. Tab Tools ini sangat penting dan secara default sudah muncul di bagian kiri atas pada workspace Revit.

Icon Save dipergunakan untuk menyimpan data atau hasil kerja teman-teman, meskipun dalam Revit kita bisa setting Save automatis setiap beberapa menit tergantung kebutuhan, kita tetap perlu save secara manual setiap kali pekerjaan selesai. Hal ini dilakukan untuk jaga-jaga apabila pada menit tertentu pekerjaan penting kita tidak tersimpan secara otomatis.

Icon 3D Viw juga sangat penting karena di awal pekerjaan kita memerlukan icon ini setiap waktu kita butuh melihat hasil modeling kita, agar bisa koreksi dan merubah apa yang tidak sesuai dengan rencana.

Kemudian ada icon Section yang dipergunakan untuk membuat potongan atau detail pada gambar dan model yang kita buat, di dalam icon Section ini kita dapat memilihi jenis potongan sesuai dengan kebutuhan kita.

Sambil berjalan di dalam Tutorial Revit 2019 Bahasa Indonesia nanti perlahan kita akan membahas semua bagian icon yang ada di Akses Tools ini, karena dalam pemahaman icon kita perlu explore sendiri agar kita paham betul dengan apa fungsi dari icon-icon tersebut.

2. Design Bar

Design bar merupakan kumpulan tool yang anda gunakan untuk meletakkan objek seperti Strukur, Arsitek dan MEP. Pada bagian ini bisa dikatakan bahwa Bar yang paling penting, karena semua command untuk membuat pekerjaan ada di bar ini. Design Bar pada Revit 2019 terdiri dari 18 Tab, masing-masing Tab berisi Tools yang sejenis.

Untuk beberapa versi Revit yang sebelumnya mungkin akan terlihat berbeda, karena Tab default tidak sama pada setiap versi Revit, Tapi secara keseluruhan pad abagian ini sama saja dengan versi Revit yang sebelumnya.

Ada Tab Tools yang perlu kita instal sendiri, seperti Naviate REX yang digunakan untuk membuat modeling pembesian pada model atau objek struktur. Jika teman-teman belum memiliki Plugin ini silahkan download di Autodesk dan fitur ini gratis kok.

Intinya pada bagian ini adalah pusat dari pemodelan yang ingin kita buat, semua perintah atau tugas yang akan kita buat berada di tab tools di bagian ini.

3. Tool Bar

Tool Bar adalah bagian utama dari Design Bar yang pada point sebelumnya sudah kita bahas, bagian ini terdiri dari icon-icon tugas yang berfungsi sebagai alat utama kita membuat modeling 3D. Misalkan kita akan membuat dinding bata atau dinding beton, kita dapat memilih bagian Icon wall pada tab Architecture atau Structure, selain itu kita juga bisa menggunakan fungsi keyboard dengan mengetik WA (wall).

Kemudian untuk membuat hitungan volume material dan bahan bangunan yang kita butuhkan kita juga memerlukan tool yang tentunya berada pada bagian tab deisgn bar ini. Untuk lebih jelasnya nanti kita bahas di tutorial selanjutnya mengenai penghitungan kebutuhan material pada suatu gedung.

4. Drawing Area

Bagian ini adalah area dimana kita membuat pekerjaan kita, membuat pemodelan dan sebagainya, bisa dikatakan ini adalah tempat antara anda dan Revit berinteraksi. Seperti program Autocad pada bagian workspace ini juga bisa kita membuat tugas atau pekerjaan seperti membuat gambar kerja 2D atau membuat analisa struktur dan sebagainya.

Setiap pekerjaan yang kita buat akan muncul di bagian ini, seperti 3D view atau bisa juga dikatakan ini adalah bagian control kita terhadap apa yang sudah kita kerjakan.

5. Project Browser

Project browser digunakan untuk mengakses semua komponen yang ada di model anda. Komponen ini disusun secara hirarki. Denah, tampak dan potongan, ada di grup views (all). Jika kita ingin melihat tampak utara misalnya, kita dapat mengklik ganda north pada grup elevations (building elevations).
Pada bagian ini kita dapat control pekerjaan apa saja yang sudah kita buat, seperti melihat bagian tampak, potongan ataupun detail yang sudah kita buat. Kemudian pada bagian ini juga kita bisa mengcontrol family yang sudah kita buat, untuk dilakukan menghapus atau merubah nama dari family tersebut.

6. Propertis

Nah yang terkahir adalah Propertis, bagian ini adalah pusat informasi dari semua pekerjaan yang sedang kita buat. Seperti spesifikasi material,volume, area ataupun nama dari model yang sudah kita buat.

Pada propertis kita bisa merubah atau mengedit semua spedifikasi model atau family dengan mudah, karena data yang tersedia pada bagian ini sangat detail dan mudah di pahami. Cukup dengan sedikit trial and error atau sentuhan “kepo” sedikit dari kita pasti akan mudah memahami.

Kesimpulan dari Tutorial Revit 2019 Bahasa Indonesia | Inteface

Untuk materi tutorial Revit 2019 bahasa Indonesia kali ini kita telah mengetahui tentang bagian-bagian penting dari software Revit 2019, dimana bagian-bagian tersebut merupakan alat yang penting untuk melakukan pekerjaan kita dalam membuat modeling dan sebagainya.

Nantinya kita akan terbiasa dengan tampilan workspace Revit 2019 yang jika dilihat memang banyak tabtool yang cukup banyak, tetapi kita akan belajar secara bertahap dan dimulai dari Tutorial Revit Strucutre Bahasa Indonesia. Tutorial Revit 2019 bahasa Indonesia kali ini saya cukupkan dulu karena seperti yang sudah saya tulis diatas, kita akan langsung mengarah ke suatu project.

Sekian Tutorial Revit 2019 bahasa Indonesia kali ini, terus kunjungi website kami agar tetap update tutorial yang selanjtunya, jikaada pertanyaan silahkan kirim melalui kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman-teman yang lain ya gais.. sampai jumpa di postingan selanjutnya tentang Tutorial Revit 2019 Bahasa Indonesia.

Baca Juga:

BUKA DAFTAR ISI TUTORIAL REVIT BAHASA INDONESIA


Jangan lupa untuk LIKE kita di FacebookFollow Twitter dan Instagram Jejak-ide.com ya gaiss..:)

Dapatkan Tips Menarik Lainnya Di Sini!

» Dapatkan pengetahuan yang belum kamu tahu sama

» Update Tutorial-tutorial di situs ini.

» Dapatkan Tips & Trik mudah lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *