BUAT WEBSITE SENDIRI!BELAJAR MEMBUAT WEBSITE SENDIRI! KLIK DI SINI

Tips Membuat Nama Domain & Cara Mendaftar Hosting Baru 2020

tips-membuat-nama-domain
Tips Membuat Nama Domain & Cara Mendaftar Hosting Baru 2020

Tips Membuat Nama Domain Yang Menarik

Hallo teman-teman kali ini kita akan membahas tips membuat nama domain yang menarik dan mudah dikunjungi oleh pembaca. Nah pada artikel sebelumnya sudah kita bahas mengenai Tips memilih Hosting dan Domain untuk website, jika kalian sudah menentukan akan membeli hosting di provider mana. Sekarang tinggal membuat nama domain yang bagus dan menarik, bagaimna caranya? ayo kita bahas.

Sudah seperti yang dibahas sebelumnya, menentukan nama domain juga sangat penting lho.. hal ini berpengaruh besar pada keberlangsungan website teman-teman di masa depan. Nah pada artikel ini khusus akan membahas bagaimana membuat nama domain dan cara mendaftar hosting yang bagus.

Untuk membuat nama domain ada beberapa hal yang harus teman-teman persiapkan dan kumpulkan, seperti provider mana yang telah kalian tentukan akan membelinya.

Tips Membuat Nama Domain Yang Menarik dan Bagus

Pada artikel sbelumnya juga sudah kita bahas tentang metode membuat nama domain agar bisa bertahan lebih lama, nah untuk mengingatkan kalian sedikit akan kita bahas lagi tentang cara menentukan nama domain yang benar. Dengan cara riset kecil untuk menentukan nama domain.

1. Nama Domain Berdasarkan Branding

2. Nama Domain Berdasarkan Keyword Targeted

tips-membuat-nama-domain
Tips Membuat Nama Domain & Cara Mendaftar Hosting Baru 2020

Nah di atas adalah contoh nama-nama domain terkenal yang sudah biasa kalian kunjungi mungkin. Nama domain berdasrkan branding seperti pada kolom kiri, bisa membedakan ya? nah jika kalian sudah menentukan nama domain mau sesuai branding atau keyword targeted, maka ikuti langkah-langkah berikut ini.

Misalkan kalian sudah menentukan akan membeli Hosting dan Domain di provider Domainesia.com, maka sekarang siapkan nama-nama untuk menjadi alternatif jika sudah ada yang memakainya.

Misal:

Saya akan membuat website dengan niche Bisnis dengan membuat nama domain cara Keyword Targeted, Siapkan 4-5 nama domain alternatif.

Kandidat Nama Domain:

  1. Berbisnis.com
  2. BelajarBizznis.com
  3. CaraBerBisnis.com
  4. AhliBisniss.com
  5. BisnisMudah.com

Nah misalkan kalian mempersiapkan contoh nama website seperti ini, kenapa harus membuat hingga 5 alternatif? karena ketika kita riset nama pertama sudah ada yang memakai maka kita dapat memakai alternatif nomer 2, dan jika nomer 2 sudah ada pula yang memaki maka gunakanlah alternatif nomer 3 dan seterusnya hingga tersedia.

tips-membuat-nama-domain

Nah bagaimana cara riset nama domain? Misalkan kalian memaki provider Domainesia.com maka kalian bisa cek langsung di bagian beranda untuk daftar domain. Maka akan muncul beberapa nama domain dengan macam alamat domain.

Mengapa harus memakai TLD? seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, bahwa syarat utama diterima Adsense yaitu menggunakan doman TLD (Top Level Domain). Nah contoh TLD yang ada di dunia apa saja? berikut ini cotoh TLD yang paling banyak digunakan oleh developer website dan sebagainya.

TLD (Top Level Domain):

.com – .net – .info – .name – dan banyak lagi yang lainnya.

Nah misal TLD untuk masing-masing negara di dunia semua berbeda beda, misalkan di negara kita menggunakan .id .

Indonesia: .id – .co.id – .go.id – or.id – .ac.id dan lain sebagainya.

USA : .us – .gov.us dll.

Nah paham kan sampai disini? selanjutnya tips membuat nama domain yang menarik dan mudah di ingat, agar banyak pengunjung yang membuka situs kita nanti.

Tips Membuat Nama Domain & Cara Mendaftar Hosting Baru

Sebelum melanjutkan semoga kalian sudah faham ya untuk tips membuat nama domain, maka sekarang kita bahas bagaimana cara mendaftar hosting di Domainesia.

1.Masuk ke situs Domainesia.com > Klik Sign Up akan muncul seperti di bawah in, kemudian isi data kalian dengan menggunakan email yang aktif ya. setelah selsai klik Lanjut dan Selsai! setelah ini kalian akan menerima email konfirmasi akun Domainesia.

tips-membuat-nama-domain

2. Setalah konfirmasi silahkan kalian Sign In dan masukan email serta pasword kalian. Kemudian setelah masuk Klik tanda + (plus) pada pojok kiri bawah dan Klik > Order Domain lalu Klik > Hosting (lihat gambar)

tips-membuat-nama-domain

3. Selanjutnya akan muncul tampilan pilhan paket Hosting+Domain, ada paket Ekstra, Super dan Monster, untuk pemula saya sarankan memakai yang Ekstra daja nanti bisa di Upgrade.

tips-membuat-nama-domain

4.Klik > Pesan > kemudian isi nama Domain (lihat gambar) Klik > Masukan ke Troli

tips-membuat-nama-domain

5. Kemudian akan ada tampilan pembayaran, Klik Ceklis Term of Service lalu Klik > Selsaikan & Bayar, Selesai.

tips-membuat-nama-domain

Nah setelah kalian selsaikan pembayarannya, maka akan ada email tagihan dan beberapa pilihan Cara pembayaran, bisa transfer Bank, Gopay maupun di Minimarket seperti Indomart kalian bisa melakukan pembayaran.

Jika pembayaran sudah lunas maka, Domainesia akan mengirimkan email, ynag dipergunakan untuk login ke dalam cPanel kalian untuk bisa mengelola website kalian. Nah untuk penjelasan cPanel dan Instalasi WordPress kita akan lanjutkan pada tutorial selanjutnya.

Baca Juga:

Demikian tutorial tips membuat nama domain dan cara mendaftar Hosting baru, semoga kalian dapat membuat nama domain yang menarik dan bagus. Terima kasih sudah berkunjung semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini agar teman-teman kalian juga tahu. Terus kunjungi situs ini ya gais kalian bisa update tutorial lain selain tips membuat nama domain dan cara mendaftar Hosting baru di Domainesia.

Jangan lupa untuk LIKE kita di FacebookFollow Twitter dan Instagram Jejak-ide.com ya gaiss..:)

DAPATKAN TIPS MENARIK LAINNYA DI SINI!

» Dapatkan Informasi yang belum kamu tahu.

» Update Tutorial-tutorial di situs ini.

» Dapatkan Tips & Trik mudah lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *