BUAT WEBSITE SENDIRI!BELAJAR MEMBUAT WEBSITE SENDIRI! KLIK DI SINI

Top 7 Software Akuntansi Terbaik Yang Jarang Diketahui!

software-akuntansi-terbaik

Software Akuntansi Terbaik

Pada dasarnya software dibutuhkan oleh manusia untuk mempermudah dan membantu pekerjaan agar lebih efisien dan mudah. Banyak berbagai macam program komputer di dunia, dan salah satunya dibidang akutansi yang juga butuh dukungan software.

Bahkan dalam hal ini bisa dikatakan “krusial” atau penting sekali dalam menunjang pekerjaan akuntan.

Mengapa akuntan butuh program, apakah bisa tidak memakai software? jawabannya “bisa”, tetapi apakah anda akan melakukan hal yang sudah ditinggalkan dan beralih dengan teknologi modern? jelas jawabanya anda sangat membutuhkan software.

Perkembangan teknologi di dunia sekarang ini sudah semakin canggih, banyak hal diciptakan dengan tujuan untuk mempermudah kehidupan.

Zaman sekarang teknologi sudah semakin maju, banyak berbagai publisher software accounting/software akuntansi yang sudah memasarkan secara global seperti software-software program lain.

Ada berbagai macam software akuntansi terbaik dalam bermacam kategori, dari software akuntansi gratis, software akuntansi online dan sebagainya.

Jika anda sedang mencari software akuntansi  untuk penunjang pekerjaan anda sebagai akuntan, maka berikut ini beberapa software akuntansi  dapat dijadikan refrensi.

Software Akuntansi dan Ulasannya

1. Krishand

Software Akuntansi Terbaik yang pertama adalah Krishand, Bagi anda yang membutuhkan software dalam bidang perpajakan, maka Krishand adalah software yang tepat. Sofware ini  khusus digunakan untuk pelaporan pajak dan menyediakan formulir pajak yang sesuai dengan peraturan pajak terbaru di negri kita, sehingga anda tidak perlu lagi repot-repot menggunakan blanko pajak. Krishand dapat menghemat waktu anda dengan membantu membuatkan laporan pajak yang akurat secara efektif dan efisien.

software-akuntansi-terbaik
Software Akuntansi Terbaik | Sumber: Krishand

Kelebihan dan Kelemahan

Kelebihan:

  • Krishand mampu menampilkan semua berkas pajak dari yang terlama hingga terbaru yang kita simpan, sehingga kita dapat mereviewnya dengan mudah. Dengan fasilitas tersebut, anda juga tidak perlu lagi repot-repot membongkar gudang arsip untuk mencari arsip-arsip penting yang anda butuhkan.
  • Selain laporan pajak, Krishand juga bisa digunakan untuk membuat laporan lain, jadi anda tidak perlu menggunakan dua buah software untuk membuat laporan keuangan perusahaan anda.

Kelemahan:

  • Kelemahan Krishand ada pada usabilitasnya yang kurang baik, serta permasalahan kepemilikannya.

2. Zahir Accounting

Software Akuntansi Terbaik yang kedua, Zahir Accounting telah digunakan oleh lebih dari 30.000 perusahaan berskala kecil, menengah, dan besar dengan 50.000-an pengguna (user/ lisensi) di Indonesia serta mancanegara. Jumlah itu pun senantiasa bertambah. Kini Zahir telah banyak tersebar di lebih dari 30 kota di Indonesia berupa kantor pusat dan cabang, gerai, agen, dan reseller.

software-akuntansi-terbaik
Software Akuntansi Terbaik | Sumber: Zahir Acounting

Kelebihan dan Kelemahan

Kelebihan:

  • Zahir Accounting memiliki UI yang user friendly.
  • Fitur yang diberikan juga lengkap, bahkan cenderung paling lengkap dibandingkan dengan yang lain.
  • Kemudian pada faktur dan laporannya yang bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna. Selain laporannya, fasilitas dan kapasitas program Zahir juga dapat disesuaikan.
  • Analisa laporan keuangan yang diberikannya. Dengan berbagai analisa yang diberikan software ini, anda tentu akan terbantu dalam mengambil keputusan bisnis.

Kelemahan:

  • Kekurangan Zahir Accounting ada pada harga lisensinya yang cukup mahal, dan hanya memiliki satu mata uang.
  • Satu lagi, dalam perhitungan biaya persatuan seperti biaya perjam, perburuh, dkk; tidak akan dihitung secara otomatis.

3. Accurate Accounting

Software Akuntansi Terbaik yang ke tiga, Software ini terintegrasi sehingga setiap Transaksi yang diinput akan otomatis update yang lainnya. Misalkan terjadi transaksi pembelian / penjualan, maka akan langsung menambah / memotong stok persediaan dan update hutang / piutang Vendor / Customer apabila Transaksi yang terjadi adalah Transaksi Kredit.

Sedangkan pada Transaksi Tunai maka Akan meng-Update Cash/Bank yang Anda Gunakan untuk melakukan Pembayaran/Terima Pembayaran. Hal yang biasa anda kerjakan dengan Hitungan Jam menjadi hitungan detik jika Anda beralih dari kebiasaan lama menggunakan ACCURATE Accounting Software.

software-akuntansi-terbaik
Software Akuntansi Terbaik | Sumber: Accurate Accounting

Kelebihan dan Kelemahan

Kelebihan:

  • Accurate cukup user friendly.
  • Form dan laporan dalam Accurate bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna, lalu fitur pajaknya juga support dengan kebijakan di Indonesia.
  • Ditambah lagi dukungannya terhadap multi: currency, user,  departemen, gudang, dan proyek.

Kelemahan:

  • Pengguna hanya bisa login sebagai supervisor, hanya bisa membuka database di hard drive lokal computer juga tidak bisa melakukan migrasi.

4. Omega Accounting

Software Akuntansi Terbaik yang keempat adalah Omega Accounting pilihan yang baik jika anda adalah pemilik bisnis berbasis retail, distribusi, jasa, makanan dan minuman, atau perhotelan. Program Omega Acc terdiri dari sistem penjualan dan pembelian, dan tentu secara otomatis akan membuatkan laporan keuangan. Laporan yang dihasilkan dapat diubah formatnya dan dikelompokkan sesuai kebutuhan.

software-akuntansi-terbaik
Software Akuntansi Terbaik | Sumber: Omega Accounting

Kelebihan dan Kelemahan

Kelebihan:

  • Dalam hal input data, Omega Acc menyediakan formulir untuk beberapa transaksi seperti stok opname, penjualan, pembelian, dan transaksi yang sering digunakan lainnya.
  • Satu lagi kelebihan software ini adalah dukungan terhadap penggunaan beberapa mata uang, dan warehouse.

Kelemahan:

  • Beberapa fitur di dalamnya hanya dapat diakses menggunakan sidik jari.
  • Dan versi online dari software ini harus terus terhubung dengan internet.

5.MYOB

Software Akuntansi Terbaik yang kelima, Mind Your Own Businnes atau MYOB, merupakan software pengolah data akuntansi yang cukup popular di negara kita Indonesia. Tampilannya yang sederhana, dan kemudahan pemakaiannya membuat MYOB disukai banyak penggunanya.

Jika anda memiliki UKM atau perusahaan berskala menengah kebawah, anda bisa menggunakan software ini untuk membantu anda melakukan perhitungan keuangan sekaligus membuat laporan keuangan perusahaan anda

Hasil gambar untuk MYOB
Software Akuntansi Terbaik | Sumber: MYOB

Kelebihan dan Kelemahan

Kelebihan:

  • Tampilannya yang sederhana, dan kemudahan pemakaiannya membuat MYOB disukai banyak penggunanya.
  • Dengan MYOB anda bisa membuat pembukuan untuk data-data keuangan pribadi atau perusahaan anda secara otomatis, akurat, lengkap, dan tentunya jauh lebih cepat jika dibanding dengan membuatnya secara manual.

Kelemahan:

  • Kelemahan dari MYOB adalah anda tidak bisa menggunakannya untuk mengelola perusahaan dengan multi company.
  • Tidak dapat memodifikasi laporan atau field pada software ini, jadi cukup sulit jika ingin melakukan customization.

6. Microsoft Office Accounting Express (MOAE)

Software Akuntansi Terbaik yang keenam MOAE sebenarnya merupakan program promosi dari MOAP (Microsoft Office Accounting Professional), sehingga anda bisa mendapatkannya secara gratis. Meskip hanya sebuah program promosi software akuntansi gratis, MOAE dapat diandalkan.

Tampilan antarmuka MOAE cukup detail dan sederhana, yang membuatnya mudah digunakan. Untuk membuat laporan keuangan anda bisa langsung menginput data transaksi dari nota, faktur, dll tanpa perlu terlebih dahulu membuat jurnalnya.

Hasil gambar untuk Microsoft Office Accounting Express (MOAE)
Software Akuntansi Terbaik | Sumber: Microsoft Office Accounting Express (MOAE)

Kelebihan dan Kelemahan

Kelebihan:

  • User Friendly, sangat mudah bahkan jika anda tidak mengerti akuntansi, dengan bantuan MOAE ada bisa membuat laporan keuangan dengan sangat baik.

Kelemahan:

  • Kekurangan MOAE ada pada fitur perpajakannya yang tidak memfasilitasi peraturan perpajakan di negri kita.

7. iTBrain Indonesia

Software Akuntansi Terbaik yang terakhir iTBrain Indonesia adalah program akuntansi yang dibuat oleh programmer Indonesia, artinya merupakan produk dalam negri. Meski bukan hasil produksi dari vendor berskala internasional sepeti MYOB atau software lainnya, dalam hal fitur/ fasilitas penyusunan laporan keuangan dan kemudahan pemakaiannya, iTBrain Indonesia mampu bersaing dengan lainnya.

Gambar terkait
Software Akuntansi Terbaik | Sumber: iTBrain Indonesia

Kelebihan dan Kelemahan

Kelebihan:

  • Data keuangan akurat dan tepat dan user friendly.
  • Produk dalam negri yang pastinya kita wajib mendukungnya.

Kelemahan:

  • Kelengkapan tidak seperti software akuntansi lain, itbrain mungkin lebih ke bidang pendidikan.

Kesimpulan

Dari pembahsan ini kita dapat refrensi software akuntansi, anda dapat mendownload atau membeli nya. Jika hanya sekedar mencoba anda bisa mencari software akuntansi terbaik gratis atau software akuntansi online di link judul software yang sudah di tulis di atas.

Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih sudah membaca dan jangan lupa share artikel ini. 🙂

Baca juga

Jangan lupa untuk LIKE kita di FacebookFollow Twitter dan Instagram Jejak-ide.com ya gaiss..:)

DAPATKAN TIPS MENARIK LAINNYA DI SINI!

» Dapatkan pengetahuan yang belum kamu tahu sama sekali

» Update Tutorial-tutorial di situs ini.

» Dapatkan Tips & Trik mudah lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *