BUAT WEBSITE SENDIRI!BELAJAR MEMBUAT WEBSITE SENDIRI! KLIK DI SINI

5 Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org & Pengertian CMS

perbedaan-wordpresscom-dan-wordpressorg
5 Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org & Pengertian CMS

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Oke teman-teman kita lanjut lagi artikel tentang perbedaan WordPress.com dan WordPress.org, berhubung kita akan membuat blog CMS melalui WordPress, maka kita wajib tahu apa itu WordPress.com? dan apa itu WordPress.org? baik langsung saja pada poin utama pengertian WordPress dan CMS.

Oiya..apa sih CMS dari pembahasaan sebelumnya selalu menyebut kata CMS ini?

Pengertian CMS dan Fungsi CMS

CMS adalah singkatan dari Content Delivery System yaitu perangkat lunak atau Software aplikasi web yang digunakan dan berfungsi sebagai media pengeloalaan halaman website, secara instan dan cepat. Nah fungsi utama CMS ya mempermudah kita dalam membuat website meskipun kita tidak mengerti coding sama sekali.

Nah alasan utama pembuatan artikel ini pun sama yaitu membuat blog dengan mudah meski kita tidak paham bahasa pemograman, tapi jika kalian memang memiliki basic coding bahasa pemrograman silahkan membuat website secara manual, hanya saja jika ada yang mudah mengapa harus memakai cara sulit.

Memang dari dasar pembuatan website kita wajib memiliki kemampuan bahasa pemrograman, nah CMS ini dibuat untuk mempermudah kita membuat website, istilahnya CMS adalah penggabungan sistem website dengan blog. Jadi kita akan membuat website dengan tampilan pengelolaan seperti blog jadi lebih mudah dipahami.

Dengan menggunakan CMS ita dapat membuat website yang menarik tanpa paham coding, hal ini sangat memudahkan kita membuat website sesuai dengan keinginan sendiri. Ada 2 elemen penting di dalam CMS:

1. CMA (Content Management Application)

2. CDA (Content Delivery Application)

Dalam CMA (Content Management Application) kita akan difasilitasi program untuk mengolah dan membuat konten website kita, kemudian pada CDA (Content Delivery Application) kita dapat mengupdate suatu situs web dengan menggunakan informasi-informasi yang sebelumnya telah digunakan.

Kelebihan CMS

Jika dinalogikan penggunaan CMS yaitu seperti, kita akan berdagang di suatu pasar untuk memasarkan produk kita nah CMS layaknya kios atau toko yang sudah disiapkan segala jenis etalase yang kita butuhkan. Nah dengan seperti itu kita akan lebih cepat membuat bisnis kita kan? nah hal ini adalah kelebihan utama CMS dibanding dengan manual.

Selain itu, CMS juga memiliki dan menyediakan banyak pilihan template dan plugin pendukung. Terutama jika kita menggunakan CMS WordPress gratis karena sifatnya open source. Banyak template website mulai dari tampilan yang simple seperti blog hingga template yang memiliki banyak fitur seperti website toko online dan website berita.

perbedaan-wordpresscom-dan-wordpressorg
5 Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org & Pengertian CMS

Jenis-Jenis CMS

CMS terdapat beberapa jenis yang sudah populer dan banyak digunakan diseluruh dunia, dan dari setiap jenis CMS memiliki fungsi CMS masing-masing dan berbeda-beda. Nah berikut ini jenis CMS:

1. CMS untuk Website Personal Blog yaitu dengan menggunakan WordPress, Dengan perkembangan yang semakin baik WordPress tidak hanya menyediakan Platform blog tapi juga untuk website.

2. CMS untuk Personal Web yaitu menggunakan Joomla!, Mambo. CMS ini juga banyak digunakan untuk pembuatan website, hampir sama fungsinya seperti WordPress.

3. CMS untuk E-Commerce atau untuk toko online, yaitu menggunakan PrestaShop, Drupal, OpenCart, OsCommerce, Magento. dan masih banyak lagi jenis CMS untuk toko online.

4. CMS untuk Pembuatan Forum Online, yaitu dengan menggunakan phpBB, bbPress, vBulletin dan lain-lain.

Contoh CMS Yang Populer

1. WordPress. Pernah dengar CMS yang satu ini? WordPress merupakan CMS paling populer dan terbaik zaman sekarang. WordPress banyak dipergunakan sebagai CMS untuk mengelola personal blog maupun web suatu perusahaan.

2. Joomla. CMS yang satu ini juga memakai lisensi GPL dan juga bersifat Open Source sehingga dapat mengalami pengembangan yang dilakukan oleh berbagai pihak komunitas ataupun pengembang web.

3. Drupal. sama halnya dengan WordPress platform yang satu ini juga bersifat open source dan sampai saat ini sudah ada ribuan komunitas dan pengembang web di seluruh dunia yang menggunakannya.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Nah sebelumnya kita sudah paham ya teman-teman pengertian CMS, fungsi CMS dan jenis CMS yang populer, dan salah satu jenis CMS yang akan kita gunakan adalah WordPress, Apa pengertian WordPress?

Wrodpress Adalah:

WordPress adalah salah satu software atau platform open source (gratis) penyedia layanan CMS (Content Managment System) untuk membuat blog dan website dengan mudah. WordPress menyediakan dua alamat domain yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Terus apa perbedaan WordPress.com dan WordPress.org?

5 Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

WordPress.com > Merupakan situs layanan pembuatan blog dengan menggunakan mesin WordPress atau induk domain WordPress.com dengan mendaftar melalui situs ini pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang sulit. sayangnya tidak menyediakan template dan plugin lain selain yang sudah disediakan hanya di paltform ini. Jika ingin menggunakan plugin dan template yang lengkap kita wajib upgrade menjadi self hosted.

WordPress.org > Merupakan situs layanan pembuatan web dan blog secara pribadi atau Self Hosted artinya kita leluasa merubah dan memodifikasi situskita secara bebas, karena status kepemilikan 100% milik kita. Kemudian banyak template dan plugin serta aksesoris gratis yang bisa kita gunakan. Jika kalian paham coding seperti PHP, CSS dll kalian dapat memodifikasi sendiri situs yang sudah kalian buat.

perbedaan-wordpresscom-dan-wordpressorg
Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Nah jika kalian lihat pada tabel perbedaan WordPress.com dan WordPress.org maka kalian akan mudah memahami dan memutuskan akan menggunakan platform yang mana.

Jika kalian serius ingin membuat website maka saya sarankan gunakan WordPress.org karena kita akan maksimal dalam pembuatan dan pengembangan website kita kedepannya. Serius dan yakin gais, harganya tidak mahal kok untuk pemula kalian bisa gunakan yang paketan biasa.

Penggunaan WordPress.com akan sangat terbatas, maka dari itu untuk mendapatkan hasil yang bagus saya anjurkan teman-teman juga serius dalam pemilihan WordPress. Mengapa tidak blogger atau blogspot kan lebih murah dan bahkan gratis? oke… untuk hanya sebatas share kontent tanpa memikirkan hasil yaiut income kalian bisa saja gunakan blogger, atau blogspot.

perbedaan-wordpresscom-dan-wordpressorg
Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org vs Blogger.com

Tapi bukankah goal kita sudh di bahas di artikel langkah awal membuat blog? yaps..dengan CMS WordPress kita dpat dengan mudah diterima Adsense dan mendapatkan penghasilan. Karena WordPress termasuk TLD (Top Domain Level) yang digunakan syarat utama Adsense jika ingin di monetisasi.

Bloger, Blogspot dan WordPress.com belum termausk kategori TLD maka dari itu mengapa saya sangat anjurkan teman-teman menggunakan WordPress.org agar bisa kita monetisasi.

Baca juga:

Oke teman-teman, sekian artikel tentang perbedaan WordPress.com dan WordPress.org serta pengertian CMS dan jenis CMS yang populer. Sekali lagi saran saya gunakan WordPress.org karena akan sangat membantu kita dalam pengembangan website, jangan lupa tekad dan semangat pantang menyerah, kunci dari kesuksesan dalam pembuatan bisnis online ini.

Jangan lupa share ke teman-teman kalian ya.. terus kunjungi situs ini agar kalian dapat update terus tutorial pembuatan blog dengan mudah, sekian artikel tentang perbedaan WordPress.com dan WordPress.org semoga bermanfaat dan berikan sran serta kritik [ada kolom komentar di bawah.

Jangan lupa untuk LIKE kita di FacebookFollow Twitter dan Instagram Jejak-ide.com ya gaiss..:)

DAPATKAN TIPS MENARIK LAINNYA DI SINI!

» Dapatkan Informasi yang belum kamu tahu.

» Update Tutorial-tutorial di situs ini.

» Dapatkan Tips & Trik mudah lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *