BUAT WEBSITE SENDIRI!BELAJAR MEMBUAT WEBSITE SENDIRI! KLIK DI SINI

Apa aja Tugas Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) 2020

pengurus-besar-esports-indonesia
Apa aja Tugas Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) 2020

Tugas Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI)

Dengan dibentuknya pengurus besar esports Indonesia (PB ESI) kini eSport di Indonesia memiliki wadah sebagai induk federasi seperti hal nya jenis olahraga lain yang sudah ada. Mengapa harus membentuk kepengurusan eSport? nah dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana tugas dan fungsi PB ESI di dalam cabang olahraga digital ini.

Jika sepak bola memiliki PSSI sebagai federasi sepak bola Indonesia, mengapa eSport juga tidak punya? eSport sudah begitu mendunia bahkan banyak pro player eSport dari Indonesia yang sudah juara di ajang turnament mancanegara. Dengan perkembangan eSport yang semakin luas di Indonesia maka di butuhkan wadah sebagai induk agar para pro player esport berada di bawah payung hukum dan mematuhi aturan yang berlaku.

Bahkan kini pemerintah sedang mengkaji kemungkinan di buatnya undang-undang khusus eSport, kenapa? karena eSport kini sudah menjadi olahraga yang populer dengan penghasilan yang di bilang cukup besar. Mungkin agar mntertibkan juga seperti pajak dan sebagainya, karena pro player esport bisa di bilang sebagai pekerjaan dan harus di naungi aturan hukum.

Saya setuju saja,, tapi jika alasan utama karena pajak? seharusnya semua cabang olahraga pun harus dibuatkan undang-undangnya dong? oke mungkin sudah dibuatkan tetapi apakah semua menyadari dan mentaati aturan pajak untuk olahragawan? padahal banya mantan atlet nasional yang hidupnya sulit setelah pensiun.

Lalu apa saja tugas dang fungsi Pengurus Besar eSports Indonesia (PB ESI)? apa saja ya? saya kira mereka hanya kan sibuk ketika akan di selenggarakan even turnament saja. Oh tidak semudah itu kan? pembentukan federasi tidak gratis, pemerintah mengeluarkan biaya dan wajib menggaet sponsor untuk menunjang semua program.

Apa aja Tugas Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI)

Ada beberapa tugas yang di berikan kepada pengurus besar esports Indonesia.

1. Menysun Regulasi

Tugas yang pertama pengurus besar esports Indonesia yaitu regulasi, maksudnya gimana? regulasi adalah aturan yang harus dibuat oleh pengurus untuk melaksankan kompetisi dengan regu;asi yang sesuai dengan standar Internasional. Semua team eSport wajib tunduk dan mengikuti semua aturan atau regulasi yang dibuat oleh pengurus PB ESI. Setelah dibuatnya regulasi, pengurus wajib memonitor sejauh mana regulasi dapat di jalankan oleh team eSport yang mengikuti kompetisi.

2. Menyediakan Pusat Pelatihan

Tugas PB ESI yang kedua adalah menyediakan tempat khusus yang dijadikan pusat pelatihan dengan standar internasional, meski di Indonesia eSport tergolong baru tetapi kelas kita sudah ada di tingkat internasional. Maka dari itu pengurus wajib menyediakan tempat pelatihan untuk timnas sebagai fasilitas penunjang agar memperoleh prestasi yang baik. Tempat pelatihan bisa dipergunakan secara jangka panjang tidak hanya di pergunakan ketika ada event saja.

3. Menyediakan Arena eSport

Tugas yang ketiga pengurus besar esports Indonesia yaitu menyediakan arena eSport yang dipergunakan untuk pertandingan dan event internasional dan tentunya arena eSport ini harus memeiliki standar yang tinggi dan bertaraf internasional. Arena eSports harus ditunjang dengan suasana destinasi wisata agar menarik warga asing untuk mengunjungi lokasi-lokasi wisata yang terdapat di Indonesia, jadi ajang internasional ini dipergunakan sebagai tempat promosi juga.

4. Pembuatan Platform

Tugas PB ESI yang ke  empat adalah pembangunan platform kita sendiri, meski game esport di dominasi oleh platform-platform asing kita juga wajib memiliki platform sendiri agar biaya yang dikeluarkan setiap even tidak terlalu besar. Selain itu keuntungan memiliki platform sendiri kita bisa membuat event esport dengan game lokal asli buatan dalam negeri dan pengurus wajib mempromosikan ini ke seluruh dunia agar terus berkembang.

5. Pengadaan Infrastruktur

Tugas yang terakhir pengurus besar esports Indonesia adalah membangun infrastuktur pendukung eSport seperti peralatan game yang memadai dan berkualitas bagus, kemudian pengadaan internet dengan kecepatan bagus dan stabil. Kenapa ini penting, bahkan sangat penting jika seoran gpemain pro saja tidak di fasiltasi dengan infrastruktur pendukung yang berkualitas maka akan sangat kesulitan apa lagi jika pengurus membuat program pelatihan dari tingkat amatir menjadi pro.

 

Baca juga:

Oke jadi pembahasan tentang tugas dan fungsi pengurus besar esports Indonesia sudah selsai ya gais, kalian bisa menyimpulkan sendiri bagaiman tugas yang seharusnya menjadi utama oleh pengurus besar esports Indonesia agar mendapat prestasi yang baik. Sebelum kalian akhiri artikel ini silahkan tulis saran dan kritik untuk situs ini melalui kolom komentar yang tersedia di bawah. Semoga bermanfaat dan terim kasih sudah berkunjung jangan lupa share ke pada teman-teman kalian.

Jangan lupa untuk LIKE kita di FacebookFollow Twitter dan Instagram Jejak-ide.com ya gaiss..:)

DAPATKAN TIPS MENARIK LAINNYA DI SINI!

» Dapatkan Informasi yang belum kamu tahu.

» Update Tutorial-tutorial di situs ini.

» Dapatkan Tips & Trik mudah lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *