BUAT WEBSITE SENDIRI!BELAJAR MEMBUAT WEBSITE SENDIRI! KLIK DI SINI

Pengertian Hosting dan Pengertian Domain & Pengertian SSL

pengertian-hosting-dan-pengertian-domain
Pengertian Hosting dan Pengertian Domain & Pengertian SSL

Pengertian Hosting dan Pengertian Domain & Pengertian SSL

Baik teman-teman kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Hosting dan Pengertian Domain serta salah satu hal penting yaitu Pengertian SSL. Banyak yang salah pemahaman mengenai apa itu Hosting, apa itu Domain dan apa itu SSL? padahal arti dari istilah-istilah tersebut sangatlah simple.

Pada artikel sbelumnya kita sudah mengenal apa itu Worpress dan apa itu CMS serta perbedaan WordPress.com dan WordPress.org, setelah ini kita akan membahas apa itu Hosting? apa itu Domain? dan juga apa sih SSL itu? berhubung kita akan membuat website atau blog dengan menggunakan WordPress.org yaitu WordPress yang bertaraf TLD (Top Level Domain).

Saya akan menjelaskan secara teori dan praktek apa itu pengertian Hosting, pengertian Domain dan apa pengertian SSL? untuk teman-teman yang sudah paham silahkan cek kembali apakah teori dan praktek yang akan saya jelaskan sama atau tidak, karena banyak yang keliru mengartikan apa itu Hosting, apa itu Domain dan SSL?

Nah secara umum Domain adalah suatu alamat situs atau website yang digunakan sebagai alamat atau jalan untuk menemukan alamat website tersebut, contoh domain www.google.com. Pasti teman-teman tahu kan? untuk jelasnya mari simak teori di bawah ini dengan detail.

Pengertian Hosting dan Pengertian Domain & Pengertian SSL

Jika di analogikan bahwa Pengertian Domain adalah sebuah alamat rumah kamu, kemudian pengertian Hosting adalah sebuah bidang tanah atau lahan tempat berdirinya rumah kamu, kemudian pengertian SSL ibaratkan seperti pagar rumah kalian.

Domain > Alamat Sebuah Rumah

Hosting > Sebidang Tanah

Website > Rumahnya

SSL > Pelindung > Pagar Rumah

Jadi kesimpulannya: Domain merupakan sebuah alamat rumah yang terdapat pada sebuah Hosting atau sebidang tanah yang dijaga oleh pelindung SSL atau pagar rumah. Dan rumah itu sendiri adalah sebuah website. Sampai di sini paham kan teman-teman? Jadi analogi nya seperti itu.

Nah dalam membeli rumah pasti ada rumah yang murah dan mahal kan ya? kenapa ada rumah mahal dan murah, bisa saja rumah yang murah memiliki tanah yang kecil atau alamat rumah yang sedkit jauh dari pusat kota? dan juga harga tanah pun sama ada yang mahal dan adapula yang murah tergantung luasan yang kita beli.

Nah untuk jelasnya kita lihat ilustrasi melalui gambar di bawah ini agar kalian lebih paham lagi ya.

pengertian-hosting-dan-pengertian-domain
Pengertian Hosting dan Pengertian Domain & Pengertian SSL

Oke jika di analogikan pengertian Domain seperti gambar di atas, Domain merupakan sebuah alamat atau nama jalan yang ditujukan pada sebuah alamat rumah atau tempat lain yang terdapat pada sebuah area atau tanah. Jika kalian ingin membuat rumah tapi tidak ada alamatnya bagaimana kita bisa berkunjung ke sana? nah jadi untuk membuat website kita memerlukan sebuah alamat yaitu Domain.

pengertian-hosting-dan-pengertian-domain
Pengertian Hosting dan Pengertian Domain & Pengertian SSL

Nah sedangkan jika kita menganalogikan sebuah pengertian Hosting seperti gambar di atas, Hosting merupakan sebuah tanah atau sebidang tanah yang digunakan sebagai lokasi atau area berdirinya rumah atau bangunan. Nah setelah kalian memiliki Hosting atau sebuah bidang tanah selanjutnya kalian harus memiliki alamat nya yaitu Domain. Dan rumah yang berada di atas tanah tersebut yatu Website yang kita buat.

pengertian-hosting-dan-pengertian-domain
Pengertian Hosting dan Pengertian Domain & Pengertian SSL

Yang terkahir kita analogikan apa pengertian SSL itu seperti gambar di atas, SSL di ibaratkan seperti pelindung rumah kita dari serangan luar, yang dapat merusak rumah kita bahkan menguasai. Fungsinya seperti pagar keamanan rumah kita, jika kita memiliki sebuah website tetapi tidak memiliki sistem keamanan maka website kita akan rentan sekali terkena Hack atau malware seperti virus bahkan bisa membobol kepemilikan website kita.

Baca Juga:

Oke jadi sudah paham ya teman-teman apa pengertian Domain, pengertain Hosting dan pengertian SSL itu ? semoga klain sudah paham ya, jadi kita bisa lanjut lagi ke tutorial selnjutnya dengan mudah. Jika ada yang masih bingung silahkan tanyakan melalui kolom komentar di bawah ya.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang Pengertian Hosting dan Pengertian Domain & Pengertian SSL semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman yang lain ya.

Jangan lupa untuk LIKE kita di FacebookFollow Twitter dan Instagram Jejak-ide.com ya gaiss..:)

DAPATKAN TIPS MENARIK LAINNYA DI SINI!

» Dapatkan Informasi yang belum kamu tahu.

» Update Tutorial-tutorial di situs ini.

» Dapatkan Tips & Trik mudah lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *