BUAT WEBSITE SENDIRI!BELAJAR MEMBUAT WEBSITE SENDIRI! KLIK DI SINI

Pengertian Esports, Sejarah Esports dan Perkembangan Esports di Indonesia

pengertian-esports-sejarah-esport

Pengertian Esports dan Perkembangan Esports di Indonesia

Banyak yang bertanya Apa Pengertian Esports? atau apa itu esports? Penggemar video game mungkin sudah familiar dengan nama esports, tetapi untuk kalangan umum masih banyak yang tidak megetahui apa arti esports atau bagaimana sistem esports itu sendiri.

Sejak beberapa tahun ke belakang esports menjadi salah satu cabang olahraga resmi yang diadakan oleh badan olimpiade asia, mereka mengadakan esports ini di event seperti Asian Games atau pun di asia tenggara seperti SEA Games.

Banyak penggemar video game yang mulai serius dalam mengembangkan kemampuannya bermain game, khususnya esports.

Banyak yang salah mengartikan arti esport, bagi orang “awam” game mereka akan menyangka jika esports adalah olahraga yang dilakukan lewat media elektronik seperti senam ataupun yoga. Hal ini dikarenakan minimnya pemahaman tentang pengertian esports.

Padahal arti esports sebenarnya sangat tidak ada kaitannya dengan hal tersebut, meski nilai / esensi mengolah raga terdapat di esports.

Maka dari itu mari kita bersama ulas apa pengertian esports yang benar, dan bagaimana sejarah perkemangan esports di dunia dan Indonesia.

Apa Itu Esports?

Arti atau pengertian Esports adalah permainan video game yang bersifat kompetitif, Esports yang kini menjadi fenomena global, ternyata bermula dari sebuah kompetisi yang diadakan oleh suatu komunitas, dan hanya berhadiah majalah!

Sama halnya dengan email yang merupakan kependekan dari electronic mail, arti esports sendiri adalah kependekan dari electronic sports, yaitu olahraga yang menggunakan game sebagai bidang kompetitif utama yang dimainkan oleh profesional.

Sama sekali tidak seperti apa yang mereka pikirkan.

Beberapa waktu lalu, esports sama sekali tidak dikenal. Sekarang fenomena esports terus berkembang dan mulai memancing perhatian dari berbagai kalangan, mulai dari gamers, media massa, hingga perusahaan-perusahaan besar yang sebetulnya  sama sekali tidak bergerak di bidang esports.

Istilah esports digambarkan untuk menggambarkan permainan video game yang bersifat kompetitif. Meskipun permainan video game ini bersifat kompetitif pada dasarnya. Esports adalah tingkatan yang lebih tinggi jika Anda menyukai kompetisi yang berskala besar.

Setelah kita paham apa pengertian esports selanjutnya kita bahas tentang bagaimana sejarah esports dan perkembangan esports di dunia maupun di Indonesia.

Sejarah Esports

Sedikit kilas balik perkembangan esports sampai sejauh ini. Tepatnya pada tahun 1972, pada masa yang mungkin ketika itu komputer masih jarang ditemui, tak ada jaringan internet dan belum banyak judul video game, sebuah kompetisi game diadakan di Universitas Stanford.

Para murid diundang ke dalam sebuah kompetisi yang diberi nama sebagai Intergalactic Spacewar Olympic, sebuah kompetisi untuk game yang berjudul Spacewar dan hanya berhadiah satu tahun langganan majalah Rolling Stone yang tengah hits pada zamannya.

Setelahnya, satu per satu kompetisi game yang sejenis pun bermunculan. Sekitar tahun 1980-an, Atari menggelar kompetisi Space Invader dengan sekitar 10.000 peserta, terbesar pada masanya.

Bahkan ketika itu, kompetisi game ini terbilang menjadi fenomenal dan diangkat oleh majalah ternama Amerika Serikat, Life and Time. Merekalebih dulu mengenal apa itu esports, karena pertama populer di negara mereka.

Penemu Istilah Esports

Singkat cerita, di era 90-an, saat teknologi internet mulai merebak di Amerika Serikat, kompetisi game ini pun ikut berkembang.

Perkembangannya menjadi kompetisi online game. beserta dengan munculnya organisasi yang mempunyai visi untuk menjadikan kompetisi game  ini menjadi sebuah industri baru, yaitu industri esports.

Istilah esports digambarkan untuk menggambarkan permainan video game yang bersifat kompetitif. Meskipun permainan video game ini bersifat kompetitif pada dasarnya,

Esports adalah tingkatan yang lebih tinggi jika Anda menyukai kompetisi yang berskala besar.

Ketika itu, game yang dipertandingkan mulai beragam, seperti game Quake, Counter Strike, dan Warcraft.

pengertian-esports-sejarah-esport
Turnamen Esports Pertama Dunia | Pengertian Esports

Perkembangan Esports Dunia

Memasuki tahun 2000-an,  perkembangan esports menjadi semakin pesat. Korea Selatan menjadi salah satu negara yang terbilang sangat menerima budaya ini.

Para pemainnya disanjung dan dipuja-puja layaknya sosok artis ibu kota sekelas EXO, Big Bang, BTS dan jajarannya. Sampai akhirnya esports menjadi berkembang seperti saat ini di masyarakat.

The International, menawarkan hadiah yang bukan hanya sekelas majalah Rolling Stone, tetapi hadiah yang mampu membeli rumah pribadi dengan pavilun beralaskan marmer dan kolam berenang selebar 2 meter di sisi belakang, bagi para pemainnya.

Jutaan dolar US menjadi  hadiah yang sangat diincar pagi para petarungnya.

Kompetisi League of Legends yang dikelola dengan amat profesional terlihat seperti olahraga nyata, sampai akhirnya berbagai judul game tak mau kalah ingin turut terjun menjadi bagian dari game esports.

Perkembangan Esports Indonesia

di Indonesia cukup pesat, dari mulai tahun 2017 banyak pemain-pemain game profesional bermunculan di indonesia. Kejuaran-kejuaran esports sudah diikuti baik lokal maupun mancanegara.

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin maju, kini game-game andorid pun sudah banyak di isi oleh pengembang game esports dari berbagai macam developer.

Minat Esports

Setelah paham arti esports, kini banyak dari kalangan anak-anak hingga dewasa bahkan orang tua pun sudah banyak yang menyukai game esports, dari game mobile seperti AoV ataupun Mobile Legends.

Penggiat Esports di Indonesia

Semakin berkembangnya esports di indonesia juga diirngi dengan munculnya pemain game profesional dimana mereka memiliki atau membentuk team untuk mengikuti kejuaraan esports.

pengertian-esports-sejarah-esport
RRQ Logo Source google | Pengertian Esports

Contoh team game esports atau penggiat esports secara profesional adalah seperti RRQ dimana team ini sudah banyak memenangi kejuaraan esports tingkat nasional dan international, khususnya di Mobile Legends.

pengertian-esports-sejarah-esport
EVOS logo source google | Pengertian Esports

Ada pula penggiat esports lain seperti EVOS yang juga sudah memiliki prestasi gemilang di kancah international khususnya di game Aov.

Salah Satu Jenis Kompetisi Esports

  1. PBNC (Point Blank National Championship): kompetisi ini merupakan kompetisi tahunan di Indonesia. Mereka mengadakan kompetisi game Point Blank dengan total hadiah miliaran rupiah.
  2. PBLC (Point Blank Ladies Championship) pertandingan yang dikhususkan untuk gamer esports wanita.
  3. PBSC (Point Blank School Championship) dikhususkan untuk para player yang masih duduk dibangku sekolah

Keuntungan Menjadi Gamer Esports Pro

Tidak hanya hadiah yang besar yang bisa didapatkan oleh pro player. Beberapa contoh berikut ini merupakan orang-orang yang namanya bisa dibilang sudah tidak asing lagi di dunia E-Sport yang pertama ada Muhammad “inYourDream” Rizky dengan pendapatan kurang lebih Rp.60,3 Juta.

Ada juga pro player pada game CS:GO dengan pendapatan kira-kira Rp.325,8 juta! Jadi dunia E-Sport pada masa sekarang ini sudah tida bisa diragukan lagi atau bisa dibilang sudah menjanjikan.

Jika anda sudah paham apa pengertian esports dan sejarahnya mungkin untuk menjadi atlet esports tidak akan sulit, karena menurut saya prospeknya cukup bagus.

Kesimpulan

Dari penjelasan apa itu pengertian esports dan sejarahnya maka dapat diambil kesimpulan bahwa perkembangan esports di Indonesia sudah sangat bagus, dengan adanya atlet esports bermunculan dan meraih prestrasi.

Sama halnya dengan olahraga yang mempergunakan mental dan pikiran lainnya, seperti catur dan contact bridge (bridge) yang sudah termasuk dalam kategori olahraga dan diperlombakan pada olimpiade.

Video game pun memiliki sifat yang sama yakni bersifat kompetitif dan membutuhkan teknik dan strategi tertentu. Menuntut para petarungnya untuk memiliki kemampuan dan kemahiran dalam memainkannya hingga memenangkan pertandingan.

Jadi esports termasuk kedalam kategori olahraga yang kompetitif.

Jadi sudah tau ya apa itu arti esports? Penjelasan pengertian esports dan sejarahnya sudah cukup, Sekian pembahasan dari artikel ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel tentang pengertian esports ini. Terima kasih 🙂

Baca Juga :

Jangan lupa untuk LIKE kita di FacebookFollow Twitter dan Instagram Jejak-ide.com ya gaiss..:)

DAPATKAN TIPS MENARIK LAINNYA DI SINI!

» Dapatkan Informasi yang belum kamu tahu.

» Update Tutorial-tutorial di situs ini.

» Dapatkan Tips & Trik mudah lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *