BUAT WEBSITE SENDIRI!BELAJAR MEMBUAT WEBSITE SENDIRI! KLIK DI SINI

Pengertian E-Wallet dan Jenis Layanan E-Wallet di Indonesia

pengertian-e-wallet-adalah-jenis-layanan-ewallet

Pengertian E-Wallet

Kemajuan teknologi di indonesia kini sudah semakin baik, banyak di berbagai bidang termasuk jual beli sudah menggunakan teknologi yang menguntungkan baik penjual maupun pembeli.

Dewasa ini banyak layanan financial berbasis digital yang bermunculan di tanah air kita. Dengan perkembangan FinTech/TekFin teknologi financial kini sudah banyak yang membuat layanan dompet online.

Dengan pengisian saldo pada dompet digital / e-wallet anda dapat dengan mudah melakukan transaksi jual beli, dengan nominal yang pas anda tidak perlu khawatir dengan kembalian uang anda.

Praktis adalah salah satu alasan mengapa e-wallet banyak diminati oleh masyarakat modern, anda tidak perlu lagi memikirkan ketinggalan dompet cukup dengan ponsel genggam anda.

Berbeda dengan e-money jangkauan e-wallet tidak luas, lingkup layanan e-wallet kebanyakan hanya transaksi yang sifatnya jual beli secara online.

Lalu Pengertian E-Wallet Adalah?

Pengertian E-Wallet adalah layanan penyimpanan uang secara online atau disebut dompet digital, yang diakses menggunakan aplikasi dan terkoneksi dengan internet.

Pengertian E-wallet dan contohnya sendiri bisa disebut eletronic wallet atau dompet digital. Dan perkembangan e Wallet di Indonesia bisa anda baca di tautan artikel ini.

Agar lebih paham lagi apa yang dimaksud E Wallet, berikut ini beberapa jenis layanan e-wallet yang ada di indonesia.

1. OVO (GrabPay)

pengertian-e-wallet-adalah-jenis-layanan-ewallet

Sempat dibekukan oleh Bank Indonesia, e-wallet dari Grab kini hadir kembali dengan nama OVO. Saat pengguna mengaktifkan OVO pada aplikasi Grab, maka sisa saldo pada Grab Pay akan otomatis muncul pada fitur OVO.

OVO sudah diterima oleh 70% pusat perbelanjaan di Indonesia termasuk kafe, bioskop, penyelenggara parkir, dan supermarket.

Nama Aplikasi: OVO

COBA OVO

2. GOPAY

pengertian-e-wallet-adalah-jenis-layanan-ewallet

Saat ini saldo Go-Pay bisa digunakan untuk berbagai layanan yang ada di aplikasi Go-Jek, seperti membayar ongkos Go-Ride, memesan makanan, top up pulsa, dan layanan lainnya. Jadi sebenarnya, sekarang pun Anda sudah bisa melakukan banyak hal dengan fitur Go-Pay.

Hal ini mengingat aplikasi Go-Jek sudah menyediakan berbagai layanan yang melingkupi kebutuhan masyarakat sehari-hari. Jika Anda belum memiliki akun Go-Jek, berikut cara membuat akun Go-Jek.

Nama Aplikasi: GO-Jek

COBA GOPAY

3. DANA

pengertian-e-wallet-adalah-jenis-layanan-ewallet

Dana merupakan aplikasi dompet digital yang sudah memperoleh izin dari pihak Bank Indonesia sebagai Lembaga Keuangan Digital (LKD), serta penggunaan e-money dan e-wallet.

Aplikasi DANA terhubung dengan pihak kependudukan dan pencatatan sipil, sehingga masa approvalnya pun bisa dipersingkat.

Aplikasi DANAbisa digunakan untuk membayar tagihan dan berbelanja di berbagai merchant. Bahkan terhubung dengan ATM Bersama, serta BPJS Kesehatan. Oleh karenanya, bisa dibilang aplikasi e-wallet ini berbeda dan lebih fleksibel.

Nama Aplikasi: DANA

COBA DANA

4. LINK AJA

pengertian-e-wallet-adalah-jenis-layanan-ewallet

Layanan ini berupa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk bertransaksi layaknya uang tunai di merchant yang menjadi rekanan Bank Mandiri dan Telkomsel.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan keperluan lainnya seperti transfer dan tarik tunai. Untuk bertransaksi secara offline, bisa dengan cara tap atau scan.

Hingga saat ini, ada sekitar satu juta pengguna yang memanfaatkan layanan ini. Bagi Anda yang memang nasabah bank Mandiri, menggunakan LinkAja akan lebih praktis karena semuanya bisa dikelola dalam satu rekening.

Nama Aplikasi: LinkAja

COBA LINKAJA

5. SAKUKU

pengertian-e-wallet-adalah-jenis-layanan-ewallet

E-wallet Sakuku memiliki dua jenis, yaitu Sakuku dan Sakuku Plus. Bagi pengguna Sakuku, maksimal saldo yang bisa dimiliki adalah Rp 2 juta, sedangkan pengguna Sakuku Plus bisa menyimpan maksimal Rp 10 juta untuk saldo dalam akunnya.

Selain itu, pengguna Sakuku Plus juga bisa melakukan split bill dan tarik tunai dari akunnya.

Untuk menggunakan e-wallet ini, cukup mengunduh lewat Google Play untuk pengguna android.  Serta mengunduh di App Store untuk pengguna ios.

Nama Aplikasi: SAKUKU

COBA SAKUKU

6. i.SAKU

pengertian-e-wallet-adalah-jenis-layanan-ewallet

Jenis E-wallet ini menerapkan sistem poin pada transaksi di Indomaret. Poin-poin yang terkumpul nantinya bisa ditukarkan dengan berbagai promosi yang disediakan oleh Indomaret.

Tentunya layanan dari i.Saku tidak jauh berbeda dengan e-wallet lainnya, yaitu top up saldo, transaksi merchant, transfer dana, serta tarik tunai.

Nama Aplikasi: I.SAKU

COBA I.SAKU

Kesimpulan

Dari beberapa layanan E-Wallet diatas kita dapat menyimpulkan bahwa setiap layanan E-Wallet hanya berlaku atau dapat digunakan pada merchant rekanannya sendiri.

Artinya jangkauan E-Wallet itu sendiri terbilang kurang luas karena hanya tertuju pada merchant rekanannya. Kemudian semua layanan e-wallet bergantung pada jaringan internet.

Jadi sudah paham ya pengertian e-wallet dan beberapa jenis e-wallet yang sudah di bahas di atas. Biar paham apa yang dimaksud e wallet adalah dompet elektronik yang berupa aplikasi yang berfungsi sebagai pengganti dompet untuk memudahkan pengguna dalam melakuka pembayaran.

Terima kasih sudah membaca semoga artikel tentang Pengertian E-Wallet dan bebrapa jenis layanan e-wallet yang ada di Indonesia, bermanfaat jangan lupa share ya.:)

Baca Juga:

Jangan lupa untuk LIKE kita di FacebookFollow Twitter dan Instagram Jejak-ide.com ya gaiss..:)

DAPATKAN TIPS MENARIK LAINNYA DI SINI!

» Dapatkan Informasi yang belum kamu tahu.

» Update Tutorial-tutorial di situs ini.

» Dapatkan Tips & Trik mudah lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *