BUAT WEBSITE SENDIRI!BELAJAR MEMBUAT WEBSITE SENDIRI! KLIK DI SINI

Penting Untuk Disimak! Fakta Dibalik Tanggal Expired Makanan!

fakta-tanggal-expired-kadaluarsa

Penting Untuk Disimak! Fakta Dibalik Tanggal Expired Makanan

Makanan yang sudah masuk tanggal kadaluarsa, belum tentu tidak boleh dimakan. Jangan juga langsung dibuang ya guys! Jika menemukan makanan yang sudah masuk tanggal expirednya, jangan asal buang karena bukan berarti makanan itu tidak bisa dikonsumsi lagi. Berikut tips agar tidak mudah membuang makanan yang sudah masuk tanggal expired.

Cara Memahami Tanggal Expired

1. Baca dan Pahami Kalimat pada Tanggal Expired

Maksudanya, beberapa pabrik makanan melabeli “tanggal kadaluarsa” atau Expired dengan kalimat yang berbeda, contohnya : Used By or Best By (Digunakan saat/Siap dimakan saat).Dengan kalimat ini, biasanya belum tentu mengindikasikan jika produk sudah tidak bisa dikonsumsi/rusak. Melainkan lebih menunjukan tingkst kesegaran makanan tersebut. Contoh makananya seperti di tape singkong.

 fakta-tanggal-expired-kadaluarsa

Kemudian di box makanan biasanya ada kalimat “Sell By” kalimat ini sebernya lebih ditujukan kepada penjual, bukan pelanggan. Funsginya untuk menentukan kapan saat harus mulai Restock.

Dan kalimat ini wajarnya disembunyikan tidak tertera langsung di bungkus produk, agar tidak membingungkan pembeli.

2. Lakukan Ujicoba Sederhana Pada Makanan Tertentu

Beberapa trik atau ujicoba, Misalkan telur ayam atau bebek bisa bertahan lebih 5 minggu. Setelah itu kita coba buktikan bahwa telur layak atau tidaknya untuk dikonsumsi.

Caranya isi mangkok dengan air kemudian letakan telur di dalamnya, jika telornya mengambang, sebaiknya jangan di olah karena mengambang mendikasikan bawha telur sudah busuk di dalam.

fakta-tanggal-expired-kadaluarsa

Makanan Kaleng, kasus di makanan ini berbeda dengan telur, makanan kaleng bisa bertahan selama 2 tahun dari setelah produksi. Biasanya tanggal kadaluarsa dimakanan ini fix artiya pada tanggal itu sudah tidak dapat dikonsumsi atau lebih baik dikonsumsi sebelum tanggal expirednya.

Buah apel biasanya bisa bertahan selama 3 minggu di dalam kulkas, tapi jika diolah/memasaknya lagi menjadi makanan yang lain maka akan bertahan lebih lama di dalam kulkas. Bisa bertahan selama 8 bulan lamnya.

Sereal merupakan makanan yang cukup suli untuk “rusak” jika kamu diamkan dengan tutup box sereal terbuka maka sereal hanya akan menurun kualitasnya dan kamu tidak akan keracunan jika memaknanya, asalkan sereal tersebut belum memasuki tanggal expired.

Daging ayam maupun sapi atau daging-daging dari jenis binatang apapun, setelah kamu membeli sebaiknya langsung dimasukan ke dalam Frezzer agar bisa bertahan berbulan-bulan, tapi biasanya kualitas daging yang pernah membeku dalam waktu lama akan tidak sama dengan saat awal membelinya.

Akhir Kata

Nah semoga tips dan trik ini membantu ya, terapkan dikehidupan sehari-hari agar kita dapat menghndari hal-hal yang tidak diinginkan, apa lagi menyangkut kesehtan kita semua. Terima kasih dan share artikel ini ke medsos (sosial media) kalian.

Baca juga

Jangan lupa untuk LIKE kita di FacebookFollow Twitter dan Instagram Jejak-ide.com ya gaiss..:)

DAPATKAN TIPS MENARIK LAINNYA DI SINI!

» Dapatkan Informasi yang belum kamu tahu.

» Update Tutorial-tutorial di situs ini.

» Dapatkan Tips & Trik mudah lainnya.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *