BUAT WEBSITE SENDIRI!BELAJAR MEMBUAT WEBSITE SENDIRI! KLIK DI SINI

Hati-hati Tertipu! Berikut 5 Cara Mengetahui Fintech Ilegal atau Legal Melalui Smartphone.

cara-mengetahui-fintech-ilegal-atau-legal
Cara Mengetahui Fintech Ilegal atau Legal Melalui Smartphone

Cara Mengetahui Fintech Ilegal atau Legal Melalui Smartphone

Hati-hati jika kalian hendak meminjam dana melalui pinjaman online, jangan sampai tertipu dengan modus pinjol (pinjaman online), berikut cara mengetahui fintech ilegal atau legal melalui ponsel pintar kalian. Tips ini berlaku hingga kapanpun dan dimanapun ketika kalian berencana mencari pinjaman online melalui fintech atau teknologi finansial seperti pinjaman online yang sedang ramai di masyarakat.

Tidak sedikit masyarakat yang malas menggunakan fintech, banyak kabar buruk beredar mengenai penipuan yang dilakukan oleh oknum penyedia layanan financial. Padahal layanan yang mereka mintai pinjaman adalah layanan pinjol ilegal yang tidak memiliki izin resmi. Karena kurang pahamnya masyarakat dengan seluk beluk fintech maka terjadilah banyak penipuan yang mengatas namakan pinjaman online murah.

Nah dengan begitu kalian harus memahami cara mengetahui Fintech ilegal atau legal dengan cermat gaes…karena akan sangat merugikan kalian jika sampai kalian tertipu oleh rentenir berkedok pinjaman online apalagi tanpa bunga. Jangan tertarik!

Mengapa kalian tidak perlu tertarik dengan penawaran tentang pinjaman online tanpa bunga atau bunga rendah seperti yang biasa kalian terima lewat SMS atau pesan singkat? wah sampai detik ini pun belum paham bagaiman para penipu itu mendapatkan nomer ponsel pribadi kita dengan mudah. ada yang tau?

Agar gak tertipu oleh fintech ilegal, kalian haru pahami beberapa hal penting tentang fintech sebelum kalian mencoba cara mengetahui Fintech ilegal atau legal. Jangan terburu-buru yaa soal uang harus hati-hati karena imbas buruknya akan sangat menyiksa kalian.

Hal yang wajib kalian tahu tentang Fintech

Agar kalian gak mudah terjebak dengan tawaran murahan pinjol (pinjaman online) kalian harus memahami beberapa point penting untuk mengawali cara mengetahui fintech ilegal atau legal.

cara-mengetahui-fintech-ilegal-atau-legal
Cara Mengetahui Fintech Ilegal atau Legal Melalui Smartphone

Arti Fintech

Apa sih artinya fintech? fintech (financial technology) atau teknologi financial yang merujuk pada inovasi, pelayanan keuangan dan produk keuangan secara online. Perusahaan fintech mengandalkan teknologi mobile, big data, analisis konsumen untuk menentukan jenis produk yang diperlukan. Dalam masyarakat Fintech memiliki dampak positif dan negatif, tergantung bagaimana kita mempergunakan teknologi tersebut dengan baik atau tidak.

Siapa Saja yang terlibat di Fintech?

Siapa saja yang terlibat dalam Fintech biasanya perusahaan konvensional dan perusahaan startup yang menyediakan produk layanan keuangan dengan menggunakan aplikasi mobile yang mudah dipergunakan. Hal ini menarik perusahaan konvensional seperti bank, perusahaan asuransi sangat tertarik menggunakan fintech. Selain itu perusahaan konvensional biasanya berinvestasi pada fintech yang telah di dirikannya bersama perusahaan startup.

Pengawasannya Gimana?

Secara umum fintech tidak diawasi seperti perusahaan bank konvensional biasa atau asuransi, sehingga starup tidak bisa di awasi dan di bebani seperti persusahaan konvensional biasa. Model pengawasan yang dikembangkan di Indonesia adalah Sandbox Regulatory. Perusahaan bisa berkembang hingga batas waktu tertentu sebelum perusahaan itu diawasi melalui izin Bank Indonesia.

Jika Sudah Terlanjur Tertipu?

Jika kalian sudah terlnajur meminjam di fintech abal-abal aseperti pinjol (pinjaman online) maka kalian tetap harus wajib membayar hutang tersebut. Kesalahan di awal peminjaman tanpa memperhatikan aturan seperti besaran bunga karena terpojok oleh kebutuhan mendesak dan akhirnya kalian tertarik meminjam uang dari pinjol yang sebenarnya adalah rentenir yang sudah pasti sadis.

Bagaimana Memilih Fintech yang Aman?

Pengawasan terhadap Fintech di Indonesia sedang sangat ketat karena sering terjadinya penipuan atau kekerasan dalam penagihan hutang dari pinjol(pinjaman online). Oleh karena itu kalian harus jeli dalam memilih fintech legal dan aman serta jelas aturan dan yang pasti ada perjanjian hitam di atas putih.

Nah berikut ini tips memilih Fintech yang aman agar kalian gak mudah termakan rayuan pinjaman online yang abal-abal tanpa izin yang resmi.

  • Cek pinjol tersebut resmi atau tidak dengan akses situs OJK.
  • Pahami aturan denda dan resiko yang di tentukan
  • Sebelum menentukan pinajman pahami kemampuan bayar
  • Gunakan Fintech yang sudah terdaftar di OJK

Cara Mengetahui Fintech Ilegal atau Legal

cara-mengetahui-fintech-ilegal-atau-legal
Cara Mengetahui Fintech Ilegal atau Legal Melalui Smartphone

Ada beberapa cara mengetahui fintech ilegal atau legal dan aman atau tidak aman, hal ini sangat penting kalian lakukan jika akan memutuskan mencari pinjaman online dari Fintech. Jika kalian tidak memiliki wkatu banyak untuk mencari tahu bagaimana cara mengatahui fintech ilgal atau legal makan silahkan tanggung resiko sendiri, meski dengan membaca artikel ini tidak serta merta membantu anda tapi setidkanya kalian menjadi lebih berhati-hati dalam menggunakan dan menentukan fintech untuk mendaptkan modal.

1. Tidak Terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Gimana caranya?

Fintech ilegal tidak terdaftar di OJK karena mereka menghindari aturan hukum. Kalian bisa cek di situs OJK melalui smartphone kalain dengan mengetik situs resmi OJK  https://www.ojk.go.id/. Kenapa ini penting? karena semua data Fintech yang terdaftar ada di situs tersebut, atau kalian bisa lihat di bawah list perushaan Fintech yang legal.

2. Tidak Detail Soal Bunga

Pernah dapat SMS atau pesan singkat oleh suatu nomer gak di kenal dan menawarkan Pinjaman Online?

Sudah dipastikan Fintech ini ilegal dan sangat tidak aman, kalian bisa periksa nama fintech tersebut di situs OJK maka kalian tidak akan menemukan nama fintech tersebut melainkan ada di list fintech ilegal yang dilarang beroperasi di Indonesia. Cara mengetahui fintech ilegal memang tidak sulit dengan hanya meluangkan sedikit waktu maka kalian bisa aman.

3. Tidak Memiliki Izin

Gimana kita tahu Fintech itu ber izin atau tidak?

Lagi-lagi kalian harus cek melalui situs OJK resmi https://www.ojk.go.id/. Perusahaan Fintech yang memiliki izin resmi maka akan di tampilkan di situs resmi OJk karena transparansi ini sangat penting untuk meminimalisir terjadinya penipuan dan kecurangan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

4. Tidak Memiliki Kantor

Fintech kan biasanya Online?

Oke saya setuju memang penawaran pinjaman online sudah pasti melalui online jadi tidak mesti kita tahu alamat kantor resminya. Nah pemikiran logis ini kan mudah buat menjadikan pertimbangan bahwa penawaran yang diberikan oleh perushaan ini bisa saja fiktif? Fintech resmi akan detail dan terbuka dengan alamat kantornya.

5. Website Palsu

Memangnya Fintech pasti punya Website?

Perusahaan fintech bodong pun pasti memiliki situs atau website perusahaan agar meyakinkan calon costumer atau calon peminjam mereka tertarik dan percaya. Tapi gimana tau website itu palsu? kalian bisa cek melalui smartphone situs tersebut memakain CMS gratis atau di buat secara profesional.

Baca Juga:

Nah itu adalah 5 cara mengetahui fintech ilegal atau legal dengan menggunakan smartphone kalian? luangkan waktu kalian untuk mengecek apakah fintech tersebut terpercaya dana berizin atau tidak? agar kalian tidak menyesal dikemudian hari, meski masalah yang mendesak kalian selsai tapi ada masalah jangka panjang yaitu bayar hutang. Nah untuk lebih detailnya kalian bisa membaca perbedaan fintech legal dan ilegal. Sebelum kalian akhiri artikel tentang bagaimana cara mengetahui fintech ilegal atau legal silahkan kalian share artikel ini dan beri kritik dan saran untuk situs ini melalui kolom komentar di bawah.

Jangan lupa untuk LIKE kita di FacebookFollow Twitter dan Instagram Jejak-ide.com ya gaiss..:)

DAPATKAN TIPS MENARIK LAINNYA DI SINI!

» Dapatkan Informasi yang belum kamu tahu.

» Update Tutorial-tutorial di situs ini.

» Dapatkan Tips & Trik mudah lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *