BUAT WEBSITE SENDIRI!BELAJAR MEMBUAT WEBSITE SENDIRI! KLIK DI SINI

Bagaimana Cara Setting SSL di cPanel? Begini Caranya.

bagaimana-cara-setting-ssl-di-cpanel

Bagaimana Cara Setting SSL di cPanel?

Hallo teman-teman ketemu lagi kali ini kita akan membahas bagaimana cara setting SSL di cPanel, pada artikel sebelumnya mengenai Pengertian Hosting dan Pengertian Domain & Pengertian SSLsudah di bahas detail ya apa arti SSL (Secure Socket Layer) dan lain-lain. Nah gimana sih cara aktivkan SSL pada website kita?

Nah sebelumnya harus di ingat, bahwa SSL (Secure Socket Layer) merupakan perangkat penting dan bahkan sangat penting untuk website kita. Tugasnya adalah sebagai pelindung website kita dari serangan hacker atau virus yang bisa merusak website kita.

Maka dari itu penggunaan SSL sangat diwajibkan demi keamanan website kita, karena pada setiap detik banyak sekali upaya-upaya hack di berbagai penjuru dunia yang jumlah nya hingga jutaan.

Ini adalah gambaran upaya hack pada setiap detik di seluruh penjuru dunia, banyak serangan hacker yang di terima setiap developer website di seluruh duni, dengan adanya upaya seperti ini kebutuhan akan SSL sangatlah penting. Maka dari itu dalam pembahasan kali ini akan khusus, bagaimana cara setting SSL di cPanel dengan mudah dan aman pastinya.

bagaimana-cara-setting-ssl-di-cpanel
Bagaimana Cara Setting SSL di cPanel? Begini Caranya.

Perbedaan Website yang Menggunakan SSL dengan yang Tidak?

Nah gimana sih perbebdaan antara website yang SSL nya aktiv dengan website yang tidak menggunakan SSL? caranya sangat mudah dan mungkin sudah sering kalian lihat pada website-website terkenal di dunia internet.

SSL = Secure Socket Layer

Fungsinya sebagai pelindung website kita agar aman dari serangan hacker yang tidak bertanggung jawab.

Website yang Menggunakan SSL:

https://www.jejak-ide.com/

Sedangkan,

Website yang TIDAK Menggunakan SSL:

http://www.jejak-ide.com/

Apakah teman-teman lihat dimana bedanya? yaps betul bedanya ada pada hurus ” s ” yang ada pada akhiran http. Jadi website yang tidak menggunakan SSL bisa kita lihat dengan tidak adanya huruf ” s “. Nah website yang seperti ini yang sangat rentan terkena hack oleh hacker luar maupun dalam negri.

Begini Cara Setting SSL di cPanel

Login ke cPanel > dengan masuk melalui alternatif Link atau kalian bisa ketik nama website kalian dengan di tambah cpanel pada belakangnya contoh : jejak-ide.com/cpanel isi username dan pasword lalu Masuk.

bagaimana-cara-setting-ssl-di-cpanel
Bagaimana Cara Setting SSL di cPanel? Begini Caranya.

Kemudian kalian masuk ke dasboard cpanel, lalu Klik > Let’s Encrypt.

Kemudian akan muncul seperti tampilan di bawah:

bagaimana-cara-setting-ssl-di-cpanel
Bagaimana Cara Setting SSL di cPanel? Begini Caranya.

Ceklis website kalian pada kootak kecil yag ada pada sebelah kiri (lihat gambar) lalu untuk mengaktifkan SSL kalian cukup dengan Klik > Run AutoSSL (lihat gambar)

Setelah itu akan loading beberapa detik sampai SSL kalian aktif, tanda jika sudah aktif nanti akan ada pemberitahuan Auto Refresh kemudian akan berubah warna menjadi hijau.

Nah SSL yang kalian dapat adalah SSL gratis yang di berikan oleh provider kita ketika membeli paket Hosting sebelumnya, pastikan kalian ceklis pilihan SSL ketika memasukan nama domain kalian.

Oke sampai sini seharusnya SSL kalian sudah aktif, silahkan cek pada nama website kalian jika sudah aktif maka akan muncul simbol gembok dan terdapat huruf ” s” pada http website kalian.

Baca Juga:

Nah jadi seperti itu cara setting SSL di cpanel dengan mudah dan cepat ya.. semoga artikel ini bermnafaat dan website kalian jadi aman sejahtera. Terus kunjungi situs kami dapatkan tutorial selain cara setting SSL di cpanel dan jangan lupa share artikel ini dan terima kasih sudah berkunjung.

Jangan lupa untuk LIKE kita di FacebookFollow Twitter dan Instagram Jejak-ide.com ya gaiss..:)

DAPATKAN TIPS MENARIK LAINNYA DI SINI!

» Dapatkan Informasi yang belum kamu tahu.

» Update Tutorial-tutorial di situs ini.

» Dapatkan Tips & Trik mudah lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *